Minggu, 03 Februari 2013
Theme: Consumer Behavior
CONSUMER BEHAVIOR ANALYSIS IN USE CREDIT CARDS IN
JAKARTA REGION
Risna Sulistyawaty
BACKGROUND The studies
In the era of globalization is to make a transaction, it can be used a variety of
means of payment, ranging from the most traditional, to the way that
most modern. In line with the changing times found ways
The most efficient and effective way to conduct payment transactions that the
using a plastic card or better known as the credit card that is able to
replace the function of money as means of payment. Credit cards can also
used for various purposes that serve as means of payment in cash.
The use of credit cards is felt more safe and practical for all purposes,
as for the purposes of traveling cash, credit cards and even today
can already be used for any form of payment internationally.
Pioneer in the development of the credit card by Citibank Indonesia and
Bank Duta. Today the type of credit cards in circulation are Master Card, Visa Card,
Visa BCA, Dinner Club, Amex Card and other credit cards. Special to
THEOLOGICAL PROBLEM
Life in big cities are full of busy people tend to make
want a fast-paced, simple and practical, including for activities
consumptive. This phenomenon is by the credit card issuing bank as used
reference to offer practicality and safety in the shop. The existence of the card
This credit for some really supportive lifestyle adopted,
so that they spend on almost any purchase of goods or
merit.
RESEARCH OBJECTIVES
This study aims to determine the extent to which the type of credit card use
can predict grouping consumers into user groups and
group rather than credit card users besides what factors are to be
motivate consumers to use and not use a credit card.
RESEARCH METHODOLOGY
Research Methods
In this research study using field (field studies), a
Non Experimental scientific studies that systematically studies the relationship or
correlations and test hypotheses, and conducted in real-life situations
(Kerlinger, 1986).
Types and Sources of Data Research
researchers used a combination of data, namely: primary data
by distributing questionnaires to consumers and secondary data obtained from
several books, previous studies, and from the internet.
DATA ANALYSIS
1. reliability test: to determine whether the data collection tool essentially
shows the level of precision, accuracy, stability or consistency of the tools
in expressing certain symptoms of sekelompk individuals, although done
at different times. In this study the reliability of the technique used
Alpha is Cronnbach
2. validity test: to determine whether the measurement tools that have been developed totally
measure what needs to be measured. Validity test is useful to determine how
carefully perform the functions of a device size. In this study the validity
done by correlating each question by the number of scores
for each variable. Figures obtained by the statistical correlation should
compared with the correlation table critiques values of r (product moment). When r count
> R the table means that the data is valid and fit for use in testing the hypothesis
research. And vice versa if the count r
JURNAL PRILAKU KONSUMEN
Tema : Perilaku Konsumen
ANALISIS PERILAKU KONSUMEN DALAM PENGGUNAAN KARTU KREDIT DI
WILAYAH DKI JAKARTA
Risna Sulistyawaty
LATAR BELAKANG PENILITIAN
Di jaman era globalisasi ini untuk melakukan transaksi, dapat digunakan berbagai
sarana pembayaran, mulai dari cara yang paling tradisional, sampai dengan cara yang
paling modern sekalipun. Sejalan dengan perkembangan jaman ditemukan cara yang
paling efisien dan efektif untuk melakukan transaksi pembayaran yaitu dengan
menggunakan kartu plastik atau lebih dikenal dengan kartu kredit yang mampu
menggantikan fungsi uang sebagai alat pembayaran. Kartu kredit ini dapat pula
digunakan untuk berbagai keperluan yang berfungsi sebagai alat pembayaran tunai.
Penggunaan kartu kredit dirasakan lebih aman dan praktis untuk segala keperluan,
seperti untuk keperluan uang tunai dalam bepergian, bahkan dewasa ini kartu kredit
sudah dapat digunakan untuk segala bentuk pembayaran secara internasional.
Pelopor pengembangan kartu kredit di Indonesia dilakukan oleh Citibank dan
Bank Duta. Dewasa ini jenis kartu kredit yang beredar adalah Master Card, Visa Card,
Visa BCA, Dinner Club, Amex Card dan kartu-kartu kredit lainnya. Khusus untuk
RUMUSAN MASALAH
Kehidupan di kota-kota besar yang penuh kesibukan membuat orang cenderung
menginginkan yang serba cepat, mudah dan praktis termasuk untuk kegiatan yang
bersifat konsumtif. Fenomena ini oleh pihak bank selaku penerbit kartu kredit dijadikan
acuan untuk menawarkan kepraktisan dan keamanan dalam berbelanja. Adanya kartu
kredit ini bagi sebagian orang benar-benar mendukung gaya hidup yang dianutnya,
sehingga mereka memanfaatkan pada hampir semua transaksi pembelian barang atau
jasa.
TUJUAN PENELITIAN
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui sejauh mana jenis penggunaan kartu kredit
dapat memprediksi pengelompokkan konsumen ke dalam kelompok pengguna dan
kelompok bukan pengguna kartu kredit selain itu faktor-faktor apa saja yang menjadi
motivasi konsumen untuk menggunakan dan tidak menggunakan kartu kredit.
METODOLOGI PENELITIAN
Metode Penelitian
Dalam penelitian ini menggunakan metode kajian lapangan (field studies) yaitu suatu
kajian ilmiah Non Eksperimental yang secara sistematis mempelajari hubungan atau
korelasi dan menguji hipotesis, serta dilakukan dalam situasi kehidupan nyata
(Kerlinger, 1986).
Jenis dan Sumber Data Penelitian
peneliti menggunakan data gabungan yaitu : data primer
dengan menyebarkan kuesioner kepada konsumen dan data sekunder yang didapat dari
beberapa buku, penelitian sebelumnya, dan dari internet.
ANALISIS DATA
1. uji reliabilitas; untuk mengetahui apakah alat pengumpulan data pada dasarnya
menunjukkan tingkat ketepatan, keakuratan, kestabilan atau konsistensi alat tersebut
dalam mengungkapkan gejala tertentu dari sekelompk individu, walaupun dilakukan
pada waktu yang berbeda. Dalam penelitian ini teknik realibilitas yang digunakan
adalah Alpha Cronnbach
2. uji validitas ; untuk mengetahui apakah alat ukur yang telah disusun benar-benar
mengukur apa yang perlu diukur. Uji validitas berguna untuk menentukan seberapa
cermat suatu alat melakukan fungsi ukurannya. Dalam penelitian ini uji validitas
dilakukan dengan mengkorelasikan masing-masing pertanyaan dengan jumlah skor
untuk masing-masing variabel. Angka korelasi yang diperoleh secara statistic harus
dibandingkan dengan angka kritik tabel korelasi nilai r (product moment). Bila r hitung
> r tabel berarti data tersebut valid dan layak digunakan dalam pengujian hipotesis
penelitian. Dan sebaliknya bila r hitung < r tabel berarti data tersebut tidak valid dan
tidak akan diikutsertakan dalam pengujian hipotesis penelitian
3. uji analisis
faktor ; untuk menentukan faktor-faktor yang memotivasi pemegang kartu kredit
menggunakan kartu kreditnya dan bukan pemegang kartu kredit perlu dilakukan analisis
faktor terhadap variabel-variabelnya. Dalam hal ini analisis faktor juga relevan sebagai
validitas konstruk yang menguji validitas skala secara keseluruhan (Anastasi, 1990).
Analisis faktor merupakan tehnik statistik yang dipakai untuk mengurangi jumlah
variabel yang banyak menjadi seperangkat variabel yang lebih sedikit atau untuk
memahami pola antar hubungan di antara variabel-variabel yang diamati.
KESIMPULAN DAN SARAN
Terdapat tiga kelompok pemakai kartu kredit antara lain kelompok pemakai jarang (1-3
kali), kelompok pemakai sedang (4-6 kali) dan kelompok pemakai sering (lebih dari 6
kali). Dari masing-masing kelompok pemakai kartu kredit, dapat diketahui bahwa
semakin tinggi pendidikan, jabatan dan pengeluaran rumah tangga seseorang maka
semakin tinggi frekuensi pemakaian kartu kreditnya.
Selain itu dapat dilihat faktor-faktor yang mempengaruhi atau memotivasi perilaku
pemegang kartu kredit untuk menggunakan kartu kreditnya. Faktor-faktor tersebut yaitu
faktor keunggulan dan faktor kemudahan.
Hal ini menunjukkan bahwa faktor-faktor yang telah terbentuk bisa dikatakan
dengan gaya hidup masing-masing kelompok. Karena gaya hidup individu itu berbeda dengan individu yang lainnya.
Diposkan oleh Taufik Darmawan blogs di 07.46
Kirimkan Ini lewat Email
BlogThis!
Berbagi ke Twitter
Berbagi ke Facebook
Tidak ada komentar:
Poskan Komentar
http://taufikdarmawan99.blogspot.com/2012/12/jurnal-perilaku-konsumen-dan-review.html
Langganan:
Postingan (Atom)